in

Sindrom Nefrotik Pada Anak

Penyakit sindrom nefrotik merupakan sebuah gangguan yang terjadi pada ginjal yang mana bisa menjadikan tubuh manusia menjadi kehilangan banyak sekali protein yang biasanya akan dibuang lewat urine. Walaupun kejadian ini jarang ada, sindrom nefrotik ternyata bisa dialami semua orang. Sindrom nefrotik biasanya terdeteksi pada awalnya di usia anak-anak, khususnya bagi anak yang berada pada usia diantara 2 hingga 5 tahun.

Penyebab sindrom nefrotik ini terjadi karan adanya perubahan dari Glomeruli. Glomeruli atau semacam kelompok dari pembuluh darah yang ada pada ginjal berguna untuk menyaring darah serta memisahkan berbagai zat yang tubuh butuhkan dari beberapa buangan yang lainnya dan memang diharuskan untuk dibuang oleh tubuh.

Nefrotik sindrom adalah suatu kebocoran yang terjadi pada Glomeruli yang mana tubuh kehilangan fungsi dari penyaring darah dan protein akan ikut dibuang. Sindrom ini merupakan penyakit sindrom nefrotik pada anak yang sering terjadi di negara berkembang.

Berikut Gejala Dari Penyakit Syndrome Nefrotik Yang Terjadi Pada Anak

sindrom nefrotik pada anak

Cairan Atau Edema Menumpuk Pada Tubuh

Berkurangnya nutrisi berupa zat protein yang ada pada dalam darah tentunya semakin menghambat aliran air yang berasal dari jaringan tubuh yang mana nantinya akan masuk pada pembuluh darah.

Kemungkinan fatal dari hal ini adalah cairan arau edema akan menumpuk pada jaringan tubuh serta akan menjadikan pembengkakan yang ada pada beberapa bagian tubuh seperti area mata, kaki dan pergelangannya. Penumpukan cairan ini juga bisa membuat berat badan semakin naik.

Urine Mengalami Perubahan

Perubahan yang terjadi pada urine ini disebabkan karena di dalamnya mengandung zat protein yang cukup tinggi. Urine yang kelebihan zat protein pada umumnya akan ditandai dengan berbuih. Bahkan seorang anak saat ini sedang mengalami gejala sindrom nefrotik kerap sekali mengalami beberapa penurunan yang ada pada jumlah bahkan juga frekuensi yang berkemih.

Sangat Mudah Terkena Infeksi

sindrom nefrotik

Kegagalan yang terjadi pada fungsi nefron pada ginjal ini juga ditandai dengan kondisi tubuh akan yang sangat mudah untuk terkena infeksi. Anak tentunya membutuhkan antibodi, sedangkan antibodi adalah salah satu zat sari protein yang tentunya juga ada pada darah degan fungsi untuk melawan segala jenis infeksi yang akan menyerang tubuh manusia.

Bagi Anda yang masih penasaran dengan apa itu sindrom nefrotik, maka Anda bisa mengamati ketahanan tubuh yang ada pada anak dengan berpatokan pada jumlah protein yang ada di dalam tubuh. Jika jumlah tersebut menurun di dalam darah maka secara otomatis juga menyebabkan antibiotik yang ada di dalamnya juga akan berkurang kapasitasnya. Akibatnya dari hal ini adalah para penderita sangat mudah untuk terkena berbagai macam.

Darah Membeku

pengertian sindrom nefrotik adalah sebuah penyakit kekurangan zat protein dalam darah yang akan ditandai dengan pembekuan pada darah. Setiap tubuh tentunya perlu suplai protein yang baik sebagaimana berguna untuk mencegah darah menjadi menggumpal dan akan ikut terbuang bersama urine. Hal yang buruk adalah muncul risiko adanya keadaan yang disebabkan darah membeku.

Tekanan Darah Naik

Ginjal adalah organ yang paling penting dengan fungsi agar bisa mengatur tekanan dari darah yang ada di dalam tubuh. Sebab ginjal yang terganggu tentunya akan semakin menimbulkan risiko yaitu darah memiliki tekanan yang tinggi dan keseimbangan protein adalah salah satu pemicunya.

Baca Juga : Penyebab Pcos dan Cara Mengobatinya

Setelah Anda mengetahui mengenai penyakit sindrom neftrotik dan beberapa gejala yang ada di atas tentunya Anda akan lebih waspada pada saat mengalaminya. Jika hal ini terjadi pada anak Anda maka segera lakukan pengobatan sindrom nefrotik dengan baik dan rutin.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *