in

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

Serangan jantung adalah kondisi yang akan terjadi, terutama saat pasokan darah yang menuju jantung menjadi terhambat. Kondisi ini biasanya dikarenakan adanya penumpukan lemak, penggumpalan darah atau yang lainnya.

Dengan adanya gangguan aliran darah yang menuju jantung, maka dapat merusak dan menghancurkan otot jantung sampai berakibat fatal bagi penderita itu sendiri. Penyakit atau kondisi ini biasa disebut dengan inframiokard dalam dunia medisnya.

Pertolongan Pertama Pada Serangan Jantung

pertolongan pertama pada serangan jantung

Pertolongan Pertama

Ciri2 serangan jantung biasanya akan terjadi saat aliran darah yang kaya oksigen menuju otot jantung kemudian tiba-tiba terhalang dan membuat jantung menjadi tidak mendapatkan oksigen dengan baik.

Jika hal ini terjadi kita dapat melakukan penanganan dengan pertolongan pertama atau mengatasi serangan jantung supaya darah yang terhalang dapat mengalir kembali dan tidak akan menyebabkan kematian pada otot jantung. Mulai dari:

  • Memanggil bantuan
  • Mengendorkan pakaian yang ketat
  • Menenangkan penderita
  • Lakukan CPR atau RJP jika penderita tidak sadarkan diri
  • Konsumsi nitrogliserin
  • Gunakan AED

Pada pertolongan pertama yang dilakukan dengan memanggil bantuan, termasuk langkah yang dapat dilakukan jika kita bertemu dengan orang yang tiba-tiba mengalami serangan jantung. Sebaiknya hubungi rumah sakit yang terdekat dan beritahu keadaan orang tersebut

Tapi jika serangan terjadi pada diri sendiri, kita dapat melakukan langkah-langkah seperti segera memanggil ambulans atau memanggil seseorang. Kunyah aspirin, tetap tenang dan hindari berkendara terlebih dahulu. Bernafas yang dalam, rebahkan tubuh, hindari melakukan RJP batuk, hindari makanan dan minuman terlebih dahulu.

Gejala Serangan Jantung

Saat kita bertindak dengan cepat dan menolong orang yang mengalami serangan jantung tentunya kita juga harus mengetahui gejalanya terlebih dahulu. Sehingga pertolongan yang kita lakukan dapat membantu dan mengatasi kerusakan pada jantung orang tersebut.

Sedangkan masih banyak orang yang belum yakin dengan gejala-gejala serangan jantung yang terjadi pada setiap orang. Karena penyebab serangan jantung mendadak tidak hanya hal-hal biasa seperti stress saja, tapi juga genetik. Oleh karena itu kita juga harus mempelajari gejala dari serangan jantung tersebut. Seperti:

  • Nyeri pada dada
  • Sesak napas
  • Tidak nyaman pada bagian atas tubuh
  • Keluar keringat dingin
  • Merasa lelah tanpa alasan
  • Mual & muntah
  • Pusing
  • Ada gejala-gejala baru

Pada gejala baru ini biasanya terjadi secara mendadak dan dengan adanya perubahan pola gejala yang biasanya sudah dimiliki. Seperti saat gejala yang lebih kuat dan lebih lama dari biasanya saat terjadi serangan jantung.

Tapi untuk serangan jantung dan kebiasaan minum air panas cukup membantu daripada kita minum air dingin. Karena air dingin dapat menaikkan suhu pada tubuh kita dan membuatnya menjadi lebih buruk.

Cara Mencegah Serangan Jantung

Salah satu penyebab kematian terbesar di dunia sampai saat ini merupakan penyakit jantung. Karena darah yang ada pada tubuh manusia menjadi tidak berfungsi jika jantung mulai berhenti berdenyut dan jantung juga bertugas untuk mengalirkan darah pada seluruh tubuh.

Oleh karena itu kita dapat mencegah terjadinya serangan jantung, dengan membiasakan pola makan yang sehat, hindari stress, berhenti merokok, olahraga secara teratur dan konsumsi antioksidan.

Dengan adanya pola makan yang sehat kita dapat menjaga jantung kita tetap sehat. Hindari makanan berlemak dan berkolesterol tinggi atau makan makanan yang diolah seperti direbus, dipanggang dan dikukus. Pilih makanan yang memiliki rendah lemak seperti keju, susu dan mentega.

Baca Juga : Obat Diare Untuk Anak yang Alami dan Aman

Hindari juga mengkonsumsi makanan yang memiliki banyak kandungan gula yang tinggi seperti minuman bersoda atau soft drink, kurangi konsumsi karbohidrat dan konsumsi gandum supaya dapat menjaga jantung kita tetap sehat. Sedangkan untuk berolahraga, kita dapat melakukan jalan cepat, berjalan kaki sampai dengan joging yang merupakan olahraga ringan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *