in

Penyebab Pcos dan Cara Mengatasinya

Pernahkah Anda mendengar tentang PCOS?. Mungkin Anda jarang mendengar pengertian pcos, padahal penyakit ini bisa menyerang siapa saja. Gara-gara penyakit ini, mungkin bisa saja Anda menjadi sulit hamil. Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai penyebab pcos dan cara mengatasinya Anda dapat mengikuti ulasan yang ada di bawah ini.

Pada PCOS, kadar hormon seks wanita, yaitu hormon estrogen dan hormon progesteron tidak seimbang. Serta memiliki kista yang kecil, sebab itu wanita yang mengalaimi pcos lebih sulit untuk hamil.

Apa Saja Penyebab PCOS?

penyebab pcos dan cara mengatasinya

Keturunan

Risiko Anda untuk menderita PCOS tinggi jika salah satu wanita di keluarga Anda menderita PCOS atau mempunyai periode menstruasi yang tidak teratur atau menderita diabetes. Terdapat gen tertentu yang membawa hormon penyebabb PCOS, sehingga dapat diturunkan.

Kelebihan insulin

Kelebihan insulin ini kemudian mungkin akan mempengaruhi indung telur dengan meningkatkan produksi androgen. Peningkatan produksi androgen ini dapat mengganggu kemampuan ovarium untuk ovulasi.

Peradangan tingkat rendah

Kelebihan hormon androgen menjadi salah satu faktor yang dapat menyebabkan PCOS. Androgen adalah hormon seks laki-laki yang juga diproduksi oleh tubuh perempuan dalam jumlah kecil. Pada PCOS, wanita memproduksi hormon androgen lebih dari normal, sehingga dapat mempengaruhi perkembangan dan pelepasan telur oleh ovarium, tumbuh jerawat, dan pertumbuhan rambut yang berlebihan.

Ciri-ciri wanita PCOS

Periode menstruasi tidak teratur. kegagalan menstruasi selama 4 bulan atau lebih, atau jarak antar menstruasi lebih dari 35 hari. Beberapa wanita dengan PCOS juga bisa tidak mengalami periode menstruasi, dan yang lainnya bisa mengalami perdarahan hebat. Biasanya gejala ini ada pada awal menstruas, sehingga jika anda telah merasa tidak haid anda dapat memeriksakan kepada dokter, untuk diperiksa lebih lanjut.

Penderita pcos yang berhasil hamil

Wanita dengan PCOS bukan berarti ia tidak dapat hamil. Anda masih memiliki kesempatan untuk hamil walupun Anda menderi ta PCOS. Namun, jika Anda hamil dan memiliki PCOS, Anda harus lebih memperhatikan kandungan Anda. Sebaiknya rajin periksakan kandungan Anda ke dokter karena wanita hamil dengan PCOS memiliki risiko tinggi mengalami:

Apa saja gejala PCOS?

Haid tidak teratur atau bahkan tidak haid sama sekali merupakan gejala utamanya ]. Gejala lainnya antara lain pertumbuhan rambut yang banyak, terutama di tempat-tempat seperti wajah, leher, perut, tangan dan kaki. Tanda-tanda lainnya adalah jerawat, kulit berminyak, ketombe, nyeri panggul, berat badan naik, kolesterol tinggi, tekanan darah tinggi dan rambut menipis.

Cara Penanganan PCOS

Untuk bisa terhindar maupun menyembuhkan pcos, hal yang bisa dilakukan adalah mengatur asupan makanan untuk penderita pcos. Lakukan perubahan pola makan dengan makanan sehat seperti sayuran segar, buah-buahan, kacang-kacangan dan gandum. Disarankan untuk membatasi konsumsi makanan olahan dan makanan yang tinggi kandungan lemak jenuhnya.
Penderita pcos harus benar-benar memperhatikan makanan untuk pcos agar cepat hamil dan menuruti semua menu diet yang disarankan. Selain itu, penderita harus mengurangi asupan karbohidrat dan gula akan membantu menurunkan berat badan dan menormalkan hormon.

Pengobatan pcos

Apakah pcos bisa sembuh? Pengobatan untuk penyakit pcos belum pasti membuat seorang penderita pcos bisa sembuh total namun dapat dikendalikan dengan pembedahan serta terapi hormone juga dapat menjadi pilihan untuk penanganan PCOS.

Terbaru : Penyakit Reproduksi Beserta Gambarnya

Anda jangan merasa putus asa, karena kemungkinan untuk hamil masih ada. Namun yang terpenting adalah menerapkan pola hidup sehat seperti, rutin berolahraga, tidak merokok, tidak mengkonsumsi alkohol, mengkonsumsi makanan bergizi, serta rutin memeriksakan diri ke dokter.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *