in

Penyakit Thalasemia Adalah (Gejala dan Pengobatan Penyakit Thalasemia)

Apakah anda tahu bahwa thalasemia adalah penyakit yang berbahaya dan dapat mengganggu pertumbuhan anak? Ya, penyakit thalasemia adalah sebuah kelainan darah yang disebabkan oleh faktor genetika. Gangguan kesehatan ini akan menyebabkan protein yang ada di dalam sel darah merah tidak bisa berfungsi dengan normal. Dengan kondisi ini, tentu sirkulasi darah dalam tubuh menjadi tidak seimbang dan stabil sehingga pertumbuhan anak tidak akan maksimal.

Tidak hanya itu, kadar oksigen dari penderita thalasemia ini tergolong rendah. Kondisi ini disebabkan oleh kadar hemoglobin darah yang rendah sehingga tidak bisa mengikat oksigen dan menyebarkannya ke seluruh tubuh. Dengan gangguan ini, maka penderita thalasemia akan lebih mudah lelah, mudah mengantuk dan lainnya. Oleh karena itu, kita akan membahas beberapa hal terkait ciri ciri thalasemia dan juga cara pengobatannya. Simak beberapa penjelasan singkat di bawah ini.

Penyebab Penyakit Thalasemia, Gejala Dan Pengobatannya

penyakit thalasemia

Gejala Thalasemia

Pada poin sebelumnya, kita telah membahas apa itu penyakit thalasemia. Dari paparan singkat di atas, memang, penyakit ini dikategorikan sebagai salah satu gangguan kesehatan yang serius dimana bisa mengakibatkan masalah tubuh yang serius, terutama pada pertumbuhan anak. Lantas, bagaimana gejala yang timbul dari gangguan kesehatan ini? Mengetahui gejala dari penyakit ini tentu sangat penting guna mencegah kondisi memburuk dengan lebih cepat.

Gejala yang timbul dari penyakit ini memang tergolong berbeda-beda. Hal ini disebabkan oleh adanya tingkat keseriusan yang berbeda dari gangguan yang menyerang. Namun, untuk penyakit thalasemia pada anak, beberapa gejala yang sering timbul adalah anak cepat lelah saat beraktivitas, berat badan turun drastis dan lainnya. Untuk kasus yang lebih serius, gangguan kesehatan ini dapat menyebabkan sakit kuning dan penderita membutuhkan banyak transfusi darah.

Diagnose Penyakit

Sebagaimana kita tahu, dari informasi di atas, kita dapat membaca bahwa penyakit ini termasuk penyakit genetik. Artinya, anak dapat terkena penyakit ini adalah pada saat dirinya masih berada di dalam kandungan. Oleh karena itu, dalam hal ini, seorang ibu hamil harus melakukan tes secara rutin guna mengetahui kondisi riil dari kehamilannya. Jika kandungan hemoglobin ibu hamil rendah terutama menjelang kelahiran, maka mereka harus mewaspadai gangguan kesehatan yang satu ini.

Pengobatan Untuk Dilakukan

Lantas, bagaimana cara penyembuhan thalasemia yang bisa dilakukan untuk membuat penyakit ini hilang dari tubuh? Ketika objek yang terinfeksi adalah darah, maka cara penyembuhan yang harus dilakukan pun tergolong lebih rumit. Dalam hal ini, cara penyembuhan yang disarankan secara medis adalah transfusi darah melalui tali pusat dan juga transplantasi sumsum tulang. Namun, kedua cara ini tetap memiliki risiko yakni terjadinya komplikasi.

Komplikasi dari penyakit ini bisa saja terjadi karena kondisi komponen darah yang sudah sangat tidak stabil dimana hemoglobin hanya memiliki persentase yang sangat sedikit dan beberapa komponen lainnya terlalu banyak. Sebagai contoh, transfusi darah dapat menjadi solusi dari masalah ini karena bisa menambah hemoglobin. Namun, transfusi darah yang dilakukan secara terlalu sering akan berakibat pada menumpuknya zat besi di dalam darah dan berefek buruk pada tubuh penderita.

Baca Juga : Rahasia Obat Diare Untuk Anak Paling Manjur

Seiring dengan belum ditemukannya pengobatan thalasemia yang tergolong praktis, penderita hanya bisa diberikan terapi dan transfusi darah untuk menstabilkan hemoglobin dan metabolisme tubuh. Selain itu, untuk tindakan pencegahan, seorang ibu hamil wajib menjaga kondisi kehamilannya dengan baik, terutama dengan mengkonsumsi makanan bergizi. Memeriksakan kondisi kehamilan secara rutin juga bisa menjadi kunci untuk mencegah terjadinya kondisi ini.

Originally posted 2018-01-20 02:19:19.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *