in

Penyakit Reproduksi Beserta Gambarnya

Sistem reproduksi adalah suatu sistem yang digunakan manusia untuk berkembang biak dan menghasilkan keturunan. Reproduksi pada suatu organisme berbeda antara jantan dan betina. Sistem reproduksi pada perempuan berpusat di ovarium. Reproduksi ini harus di rawat sehingga tidak menimbulkan penyakit yang berbahaya bagi tubuh.

Jika tidak dirawat dengan baik dan benar, maka sistem reproduksi juga bisa terancam kesehatannya karena berbagai hal. Ancaman virus, jamur, bakteri dan benda asing lainnya bisa membuat sistem reproduksi terganggu. Penyakit reproduksi beserta gambarnya sudah sering kita saksikan di beberapa iklan kesehatan maupun ketika menelusurinya di internet.

Penyakit Pada Sistem Reproduksi Manusia dan Cara Pencegahan

Penyakit Reproduksi

Contoh Penyakit

Salah satu penyakit pada sistem reproduksi yang disebabkan oleh virus adalah Nama virus yang menyebabkan penyakit ini adalah Herpers simplex tipe II. Penyakit ini menyerang kulit di daerah genitalia luar, bagian anus dan vagina. Gejala penyakit ini adalah seperti, gatal-gatal, pedih dan juga kemerah-merahan di kulit sekitar kelamin yang akan timbul luka dan lepuh kecil-kecil yang dapat pecah.

Contoh lainnya adalah penyakit HIV/AIDS yang disebabkan oleh virus HIV (Human Immune Deficiency Virus). Penyakit ini lebih dikenal dengan nama AIDS (acquired Immuno Deficiency Syndrome). sampai saat ini penyakit ini belum punya obat. Penyakit ini menyerang sistem imunitas atau kekebalan tubuh penderita.

Gejala dari penyakit ini adalah pada 5-7 tahun gejala masih belum terlihat, tetapi pada fase selanjutnya AIDS akan terdiagnosa ketika kekebalan tubuh turun drastis a korban mengalami penyakit baru seperti TBC, pneumonia, herpes, saraf terganngu dan lain-lain.

Penyebab kutil kelamin adalah kelainan sistem reproduksi yang disebabkan human papiloma virus (HPV) dengan kutil di sekitar kemaluan. Gejalanya adalah terdapat satu atau beberapa kutil di sekitar kemaluan. Akibat pada perempuan bisa menyebabkan kutil kulit di daerah kelamin sampai dubur, kutil di selaput lendir bagian dalam liang kemaluan sampai leher rahim dan membesar ketika wanita sedang dalam masa kehamilan.

Parahnya, kutil kelamin bisa mengakibatkan kanker leher rahim atau kanker kulit di sekitar kelamin. Akibat pada laki-laki kutil di alat kelamin dan saluran kencing bagian dalam, kadang-kadang kutil tidak terlihat sehingga tidak disadari. Pengobatan hanya sampai pada tahap menghilangkan kutilnya saja. Belum ada yang tuntas menyembuhkan. Tetapi tidak bisa mencegahnya datang kembali. Merupakan

Selanjutnya, contoh kelainan dan penyakit pada sistem reproduksi adalah kanker serviks, ovarium dan vagina. Kanker yang terjadi pada ketiga tempat ini biasanya disebabkan oleh virus, tetapi tidak dipungkiri bahwa penyebabnya juga bisa multifaktoral.

Cara Pencegahan

Sekarang, apa yang harus anda lakukan bila terkena penyakit kelamin. Tidak ada jalan lain yaitu segeralah periksakan diri anda ke dokter atau layanan kesehatan terdekat. Gangguan pada sistem reproduksi bagaimana cara mengobatinya dan mencegah penyakit semakin merajalela.

Cara pertama tentunya adalah mengenai kebersihan pakaian dalam. Sepatutnya dalam sehari, minimal mengganti pakaian dalam sebanyak dua kali untuk menjaga kebersihan. Jangan pernah betukar pakaian dalam dengan siapapun.

Selain itu, untuk mencegah penyakit dan kelainan pada sistem reproduksi, cara yang bisa dilakukan adalah dengan merawat rambut yang tumbuh di sekitar alat kelamin. Jangan mencabut bulu disekitar kemaluan karena akan ada lubang pada bekas bulu kemaluan tersebut dan menjadi jalan masuk bakteri, kuman, dan jamur.

Jangan memakai pantyliner setiap hari, sebaiknya Pantyliner hanya digunakan ketika keputihan. Akan lebih baik jika membawa celana dalam pengganti daripada menggunakan pantyliner tiap hari.

Baca Juga : Penyakit Urtikaria? Harus Anda Ketahui Untuk Mencegahnya

Cara pencegahan terakhir adalah menghindari penggunaan minyak wangi/parfum atau bedak menggunakan ke vagina. Vagina memiliki tingkat keasaman pH yang berbeda, sehingga perlu diperhatikan menggunakan produk yang memiliki pH yang berbeda akan menyebabkan timbulnya suatu penyakit.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *