in

Cara Menyembuhkan Skoliosis, Pengobatan Skoliosis Sampai Sembuh

Skoliosis merupakan salah satu penyakit kelainan tulang. Skoliosis terjadi pada anak-anak sebelum masa pubertas dengan kisaran usia 10 hingga 15 tahun. Anak laki-laki dan perempuan memiliki risiko yang sama untuk mengidap skoliosis ringan, namun anak perempuan lebih rentan untuk mengalami perburukan gejala sehingga memerlukan penanganan yang memadai.

Apa saja Ciri-ciri Skoliosis dan Gejala Skoliosis?

Skoliosis

Ciri ciri penderita Skoliosis

Dapat dilihat dengan memperhatikan kedua bahu, penderita skoliosis memiliki bahu yang tidak sama tinggi, salah satu tulang belikat lebih menonjol dibandingkan yang lainnya, pinggang yang tidak sama tinggi, salah satu panggul lebih tinggi dari panggul lainnya. Pada anak kecil di lihat dengan postur tubuh yang berbeda dari pundaknya dan salah satunya membungkuk.

Pada dewasa, nyeri tulang belakang merupakan gejala yang paling sering terjadi pada skoliosis berat. Gejala dan tandanya yaitu: penurunan tinggi, iga membusung atau perubahan ukuran pinggang bukan akibat penambahan berat badan.

Semakin pinggang berubah, semakin berat pula kondisi Anda. Saat kondisi tulang belakang Anda semakin serius, Anda akan merasa lemas, nyeri dan sesak. Kemungkinan ada tanda-tanda dan gejala yang tidak disebutkan di atas. Bila Anda memiliki kekuatiran akan sebuah gejala tertentu, konsultasikanlah dengan dokter Anda untuk menemukan cara menyembuhkan skoliosis yang tepat.

Berbagai kelainan pada tulang belakang

Kifosis lordosis skoliosis, kofosis adalah kelengkungan yang terjadi pada punggung atas (lebih dari 50 derajat) dinamakan dengan kifosis. Penderita kifosis dapat dilihat dari postur tubuhnya yang membungkuk. Lordosis terjadi jika tulang belakang pada punggung bawah melengkung ke depan secara berlebihan. Skoliosis adalah orang dengan skoliosis mempunyai tulang belakang yang melengkung ke samping. Lengkungan tulang bisa berbentuk seperti huruf S atau C.

Apakah skoliosis bisa disembuhkan?

Skoliosis bisa sembuh namun juga tergantung dari usia Anda, seberapa parah kelengkungan tulangnya. Pada penderita bayi dan balita, tidak memerlukkan hal khusus, karena jika penyakit kelainan tulang ini diketahui sejak awal, maka bisa dilatih dengan memberikan latihan membentuk struktur tulang, agar tulang yang masih muda itu dapat dengan sendirinya terbentuk sesuai dengan latihan membentuk.

Sedangkan, anak yang lebih tua juga bisa menggunakan brace punggung untuk menghentikan lengkungan tulang semakin memburuk sampai mereka berhenti tumbuh. Operasi mungkin kadang dibutuhkan untuk mengendalikan pertumbuhan tulang belakang. Prosedur oprasi dapat dilakukan ketika tulang berhenti tumbuh.

Cara mengatasi skoliosis dengan melakukan Olahraga skoliosis

Berenang menjadi salah satu kegiatan yang bisa dilakukan untuk mengurangi rasa sakit yang timbul akibat skoliosis, namun tidak menyembuhkannya. Ketika berenang otot akan semakin menguat karena gerakan yang kita lakukan, otot yang lemah menjadi kuat dan otot yang kuat semakin kuat. Ini merupakan sebuah hal untuk meringankan penyakit skoliosis, bukan untuk tujuan penyembuhan.

Pengobatan skoliosis

Pemeriksaan x-ray secara teratur oleh dokter bertujuan untuk memonitor proses skoliosis dan menggunakan kawat penahan untuk mencegah bengkok menjadi semakin parah, namun hal ini tidak dapat menyembuhkan bagian yang bengkok. Kawat penahan dapat membuat 70% anak tidak memerlukan terapi pembedahan.

Posisi Tidur yang Baik untuk Penderita Skoliosis

Posisi tidur yang baik yaitu dengan tidur telentang, dengan menggunakan batal yang satndar untuk menyanggah kepala, ditambahkan gulungan handuk pada bawah punggung, serta jika ingin posisi tidur kesamping anda dalapt menambahkan lipatan handuk dibawah tulang dada, kemudian selipkan bantal di antara kedua kaki.

Baca Juga : Cara Ampung Mengatasi Step Pada Anak

Posisi tidur ini akan sangat membuat nyaman penderita skoliosis, sehingga tidak menyebabkan rasa sakit ketika tidur, dan ini merupakan posisi tidur yang dianjurkan tenaga kesehatan kepada pasien yang menderita penyakit skoliosis torakal maupun skoliosis lumbal.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *