in

Cara Mengobati Psoriasis

Apa itu penyakit psoriasis? Nama penyakit ini terdengar asing bagi masyarakat awan. Penyakit psoriasis adalah salah satu penyakit yang menyerang sistem imun manusia. Ada kelainan yang menyebabkan sistem kekebalan tubuh malah menyerang sel-sel sehat sehingga mengakibatkan sel-sel mati pada tubuh 10 kali lebih cepat digantikan. Hal itu menyebabkan adanya tumpukan sel mati sehingga terjadi penebalan pada kulit.

Bagian yang terkena penyakit psoriatis biasanya akan mengalami pengelupasan kulit, timbul ruam kemerahan, penebalan, bersisik, dan kering. Selain itu kulit yang terkena gejala akan terasa perih dan gatal. Kondisi tersebut biasanya muncul pada punggung bawah, lulut, siku, atau kulit kepala. Walaupun begitu, tidak menutup kemungkinan bagian lain juga terserang psoriasis.

Gejala Psoriasis dan Penyembuhannya

cara mengobati psoriasis

Penyebab Penyakit Psoriasis

Belum ada yang tahu pasti apa penyebab penyakit ini. Namun yang pasti, penyakit ini timbul karena sistem kekebalan tubuh yang mengalami kelainan dan menyerang sel kulit yang sehat. Jika dalam kondisi sehat, kulit akan mengalami pergantian sel kulit mati selama beberapa minggu sekali, karena kelainan ini, dalam beberapa hari kulit akan aktif mengalami pergantin. Akibatnya adanya tumpukan kulit mati.

Sebagai salah satu penyakit pada kulit, penyakit kulit psoriasis apakah menular? Penyakit ini tidak menular namun ada peneliti peneliti yang percaya bahwa penyakit ini disebabkan karena faktor keturunan. Seorang ibu tidak akan langsung menurunkan penyakit ini pada anaknya. Namun seorang kakek akan mudah menurunkan penyakit ini pada cucunya.

Faktor-faktor lain yang dapat memicu psoriasis adalah:

  • Infeksi tenggorokan,
  • Adanya luka pada kulit
  • Terlalu berlebihan dalam mengonsumsi alkohol,
  • Obesitas (kegemukan),
  • Konsumsi obat-obatan tertentu,
  • Merokok,
  • Stres,
  • Adanya kelainan pada sistem kekebalan tubuh, contohnya pada penderita HIV,
  • Perubahan hormon (menstruasi).

Sama seperti penyebabnya yang belum pasti, gejala penyakit ini pada tiap pengidap pun tidak pasti. Masing-masing penderita akan mengalami gejala yang berbeda. Bahkan ada yang tidak mengalami sama sekali dalam beberapa waktu. Namun jika gejala yang timbul parah, akan mengganggu aktivitas penderitanya.

Psoriasis ringan mungkin hanya menyerang kulit. Namun perlahan akan menyerang sendi dan organ tubuh lain. Bahkan ada penelitian yang menyebutkan bahwa penyakit ini memicu resiko penyakit jantung, darah tinggi, atau diabetes.

Langkah Pengobatan Psoriasis

Pengobatan pada psoriasis saat ini hanya bertujuan untuk mengurangi gejala yang timbul, menghambat pertumbuhkan sel kulit, dan memperbaiki tekstur kulit. Psoriasis bisa sembuh total jika mengikuti langkah yang dianjurkan

Emolien

Emolien merupakan salep untuk psoriasis. Salep ini dapat melembutkan kulit dan mengurangi kecepatan produksi sel kulit. Emolien digunakan pada penderita ringan hingga tingkat menengah.

Kortikosterod

Sama seperti emolien, obat ini membantu untuk mengurangi inflamasi pada kulit. Penggunaan obat ini harus berdasarkan pada dosis dokter karena pemakaian yang berlebihan akan menyebabkan penipisan pada kulit.

Analog Vitamin D

Jenis analog vitamin D yang biasa digunakan adalah calcitriol dan calcipotriol. Dengan krim ini, regenerasi kulit akan melambat dan membantu mengurangi inflamasi.

Terapi Cahaya

Selain menggunakan krim atau salep, penyakit ini dapat diobati dengan cara terapi psoriasis. Terapi cahaya merupakan alternatif jika obat-obatan di atas tidak mampu menangani penyakit ini. Metode terapi cahaya dengan bantuan sinar ultraviolet A dan B. Sinar ultraviolet A dapat menembus kulit lebih dalam ketimbang sinar ultraviolet B.

Baca Juga : Cara Mengobati Rematik Dengan Cepat

Terapi ini bertujuan untuk menghambat produksi sel-sel kulit. Terapi cahaya ini menjadi alternatif cara mengobati psoriasis yang terakhir karena efeknya yang berbahaya. Jika terlalu lama dilakukan, ada resiko kanker kulit yang menyertainya.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *