in

Cara Mengatasi Step Pada Anak

Penyakit Step selama ini yang kita ketahui hanya kejang di sertai demam tanpa tau karakteristiknya. Padahal tanpa mengetahui karateristik penyakit ini yang unik, maka akan susah menerapkan cara mengatasi step pada anak. Penyebab step pada anak umumnya memang demam, namun keadaan tubuh anaklah yang mempengaruhi apakah demam tersebut menyebabkan step atau tidak.

Ada anak yang memiliki toleransi rendah dan biasanya step akan terjadi pada kisaran suhu 38 C. Toleransi tiap-tiap anak berbeda-beda sehingga harus di perhatikan. Pada anak yang toleransinya rendah, maka demam pada suhu tubuh 38°C pun sudah bisa membuatnya kejang.

Toleransinya normal pada anak-anak, kejang akan dialami jika suhu badan sudah mencapai 39°C atau lebih. Gejala step berupa kejang yang berdurasi sekitar  (lebih dari 15 menit) dapat menyebabkan kerusakan saraf otak sehingga menjadi epilepsi, kelumpuhan, bahkan retardasi mental sehingga jangan sampai salah tindakan ketika anak step.

Bagaimana Cara Mengatasi Anak Step

Cara Mengatasi Step Pada Anak

Sigap Melihat Perkembangan

Orang tua harus sigap memberikan pertolongan pertama. Setelah itu,jangan tunggu waktu lagi bawa segera si kecil ke dokter atau klinik terdekat. Kejang demam harus segera ditangani, sebab si kecil pun terancam bakal terkena retardasi mental.

Kejang menyebabkan epilepsi pada anak di beberapa kasus. Sehingga anak yang terkena kejang demam, orang tua pun mesti ekstra hati-hati. Soalnya, dalam setahun pertama setelah kejadian, kejang serupa atau malah yang lebih hebat berpeluang terulang kembali. Dihimbau agar  orang tua mengerti gejala-gejala, sehingga bisa ditangani dengan cepat.

Apa itu sakit step ?

Penyebab kejang demam adalah peningkatan suhu mendadak, yang disebabkan oleh adanya peradangan atau infeksi. Faktor keturunan atau gen juga berperan dalam sakit step ini. Beberapa anak step dapat kejang ketika suhu tubuhnya mencapat 38 derajat C, namun ada anak yang baru kejang saat suhunya di atas 40 derajat C.

Pertolongan Pertama Anak Step

Melihat anak demam, terlebih lagi kejang memang pasti membuat semua orang tua kuatir. Namun usahakan untuk tidak panik. Usahakan untuk tetap tenang agar bisa berpikir cepat, terlebih ketika menerapkan cara mengatasi step pada bayi. Segera pindahkan anak ke tempat aman, jauhkan dari barang berbahaya seperti barang pecah belah, benda tajam, atau sumber listrik, pendorkan pakaian yang ketat, terutama di sekitar leher,

Posisi anak dimiringkan, agar makanan atau minuman dalam mulut keluar sehingga anak tidak tersedak, jangan memasukkan apapun ke dalam mulut anak, jangan menahan kaki atau tangan anak dengan paksa saat kejang, karena dapat menimbulkan patah tulang, ukur suhu anak saat kejang, amati seberapa lama kejang dan apa yang terjadi saat kejang, karena informasi ini sangat berguna bagi dokter anak Anda, tetap bersama anak saat kejang.

Step pada bayi

Segera bawa kedokter untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, kedokter, disarankan agar orang tua sesegera mungkin memberi pertolongan pertama begitu tahu si kecil mengalami kejang demam.

Segeralah membawa ke dokter atau klinik terdekat. Jangan terpaku hanya pada lamanya kejang, entah cuma beberapa detik atau sekian menit. Dengan begitu, si kecil akan mendapat penanganan lebih lanjut yang tepat dari para ahli.

Step Pada Anak Usia 2 Tahun

Mengukur suhu badan anak, memberikan obat penurun panas, mengompres, tidak menggunakan baju tebal, memberikan obat anti kejang, negera konsultasi dengan dokter, pemberian oksigen, memberikan banyak minum, sayur, dan buah, orang tua Tidak Panik.

Baca Juga : Film Horor Terbaru Indonesia Yang Patut Anda Tonton

Meskipun ini merupakan poin terakhir, namun ini sangat penting. Langkah-langkah mengatasi kejang demam di atas tidak dapat dilaksanakan dengan baik jika orang tua dan orang dewasa di sekitarnya panik. Biasanya orang panik akan kehilangan emosi dan ingatan untuk melakukan segala sesuatu yang seharusnya dilakukan.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *