in

Apakah Asites Bisa Disembuhkan

Pengertian asites merupakan kondisi penderita saat cairan mengisi rongga abdomen. Asites juga sering terjadi saat hati sudah mulai berhenti bekerja normal dan cairan akan mengisi rongga, antara abdomen dengan organ lainnya.

Hal itu disebut dengan kavitas abdomen atau peritoneal, berada di bawah kavitas dada dan dipisahkan oleh diafragma. Selain itu cairan asites juga memiliki banyak sumber. Seperti penyakit kanker, hepar sampai gagal ginjal.

Tapi kita juga masih dapat melakukan penyembuhan atau pengobatan untuk menghindari hal yang paling buruk. Baik melalui terapi, pungsi asites atau cara yang lainnya sesuai dengan tindakan medis.

Apakah Asites Bisa Disembuhkan

apakah asites bisa disembuhkan

Asites Bisa Disembuhkan

Penyakit asites bisa disembuhkan atau tidak tergantung dari penyebab dasarnya. Karena asites sendiri termasuk penyakit dengan penumpukan cairan abnormal pada bagian rongga perut.

Penyebab yang sering terjadi, karena adanya penyakit sirosis hati atau penyakit liver yang sudah cukup parah. Pengobatannya juga tergantung dari penyebab dasar yang terjadi. Baik melalui:

  • Makanan
  • Obat
  • Tindakan bedah
  • Transplantasi hati
  • Parasintesis

Oleh karena itu, para penderita disarankan melakukan pemeriksaan dan berkonsultasi ke dokter. Dengan begitu kita dapat mendapatkan pemeriksaan asites secara lengkap dan memperoleh informasi yang lebih jelas.

Langkah apa saja yang dapat dilakukan dan harapan untuk sembuh dapat terjadi pada penderita tersebut.

Penyebab Asites

Apa itu asites? Asites merupakan penyakit dengan penimbunan cairan. Terjadi di dalam peritoneum atau rongga perut yang terlihat tidak normal dan penyebabnya karena adanya beberapa penyakit lain.

Untuk penyebab penyakit asites terbanyak terjadi karena penyakit sirosis hati yang sudah mulai parah. Dengan pembentukan edema pada bagian tubuh lain, ketidak seimbangan tekanan di luar dan di dalam sirkulasi kavitas abdomen termasuk kavitas tekanan yang rendah. Penyebab lainnya seperti:

  • Adanya retensi garam & air
  • Peningkatan gradien tekanan gagal jantung
  • Gagal ginjal

Selain itu asites juga dapat bermanifestasi karena akibat dari penyakit kanker atau asites malignant. Jenis asites ini biasanya terjadi pada penderita kanker stadium lanjut, dari organ dalam seperti kanker usus besar, kanker pankreas, rongga perut, kanker lambung, kanker payudara, kanker paru-paru, kanker ovarium dan lymphoma.

Pada asites pankreas dapat kita lihat pada peradangan pankreas dan penyebab paling umumnya karena penderita menggunakan alkohol yang sudah berkepanjangan.

Ciri Ciri Asites

ciri ciri asites

Untuk melihat ciri-cirinya, kita harus mengetahui tipe asites terlebih dahulu. Yaitu tipe transudate dan tipe eksudat. Seseorang yang mengalami asites, kita dapat mengenalinya dari pembengkakan perut. Selain itu ada juga ciri-ciri lainnya, seperti mengalami demam, sakit perut berkepanjangan, perut kembung, sesak napas, nafsu makan turun, pembengkakan pada tungkai dan kaki.

Kita juga dapat mengenali ciri-ciri penderita asites dengan adanya mual dan muntah. Sedangkan untuk terapi asites dapat dilakukan sesuai dengan ciri, tipe dan penyebab yang mendasari.

Untuk fungsi asites atau paracentesis merupakan tindakan yang dapat dilakukan sebagai pengambilan cairan yang berada di dalam rongga tubuh manusia. Pungsi juga bermanfaat untuk membantu menegakkan diagnosa untuk keperluan terapi tersebut. Jadi setiap melakukan pungsi, penderita akan mengeluarkan cairan sampai beberapa liter dan pungsi dapat dilakukan berulang kali dalam waktu satu minggu.

Selanjutnya : Cara Mencegah Penyakit Anemia

Tindakan tersebut juga sudah aman untuk dilakukan, paling banyak cairan akan keluar sampai 5 liter dalam 1 kali pengambilan atau disebut dengan Large Volume Paracentesis atau LVP.

Originally posted 2018-01-09 07:33:25.

What do you think?

0 points
Upvote Downvote

Total votes: 0

Upvotes: 0

Upvotes percentage: 0.000000%

Downvotes: 0

Downvotes percentage: 0.000000%

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *