Sebagian besar dari kita pernah melihat adanya hp dengan harga murah dan berbeda jauh dari harga resmi yang biasa dijual di pasaran, kadang bagi kita mengira hp tersebut adalah hp palsu, ada juga yang mengatakan jika smartphone tersebut merupakan hp buatan China, karena negara tersebut terkenal dengan tiruannya akan suatu produk dan dipasarkan dengan harga murah.

Mungkin sebagian diantara kita pernah melihat hp dengan harga murah dan penjual mengatakan jika hp ini merupakan hp BM (black market), atau mungkin anda penggemar smartphone canggih dari Apple yang biasa mengeluarkan smartphone iphone canggih dengan harga murah dengan embel-embel refurbish, bahkan ada juga yang diantara kita menemukan hp palsu dimana harga murah namun berisi spesifikasi yang rendah atau biasa kita sebut dengan replika, untuk itu apa definisi arti dan perbedaan antara replika, refurbish, hingga black market, nofita akan mencoba menjelaskan sedikit definisi dari semua itu.

Hp Replika atau Palsu

Sebagian besar seseorang pernah menemukan atau bahkan membeli hp replika dan kita mengiranya dengan hp palsu, hp replika mulai bermunculan saat adanya smartphone muncul di dunia, mereka mencoba untuk mendapatkan keuntungan sesaat dengan menciptakan replika atau hp dengan bentuk body yang mirip namun memiliki spesifikasi yang berbeda.

Pernah suatu saat temen nofita membeli sebuah hp dengan salah satu merk ternama yaitu iphone produksi Apple, pada saat itu ia mengeluarkannya dengan penuh semangat, setelah nofita mencoba untuk meminjamnya ternyata sistem operasi yang digunakan bukanlah iOS yang biasa mendampingi semua produk dari Apple namun malah android, hal ini sungguh aneh, setelah nofita tanya kepada teman tersebut ternyata ia membelinya dengan harga sangat murah, inilah yang disebut dengan hp replika.

Hp replika biasanya akan mudah rusak dan berkualitas rendah, biasanya tidak sampai satu tahun hp tersebut sudah mengalami gangguan, oleh karena itu jangan sampai anda mendapatkan hp replika dengan embel-embel tertentu, untuk mengenalinya anda dapat mengetahui ciri-ciri hp replika sebagai berikut.

  • Hp replika biasanya memiliki bungkus yang berbeda dari hp resmi, jika bungkunya hampir sama maka biasanya tulisan yang tercetak kurang jelas.
  • Hp replika biasa memiliki body yang sangat mirip namun setelah kalian check bagian softwarenya ternyata tidak sesuai dengan spesifikasi yang ada, oleh karena itu anda perlu mengecek spesifikasi dan ciri-ciri suatu hp sebelum anda membelinya.
  • Hp replika biasanya ditawarkan dengan harga yang murah.

Hp Black Market (BM)

Ada juga istilah hp Black Market atau biasa kita kenal dengan hp BM, salah satu kru nofita pernah membeli hp ini, yang dimaksud dengan hp BM adalah hp yang masuk ke indonesia dengan cara ilegal atau tidak melalui biaya cukai dan pajak, biasanya harga yang ditawarkan lebih murah, namun anda perlu berhati-hati saat membeli hp BM karena bisa jadi hp tersebut merupakan hp replika namun penjual bilang hp BM, hp BM biasanya selisih harga dari yang asli tidak lebih dari 30 persen, jika lebih dari itu anda perlu curiga.

Namun ada beberapa ciri-ciri hp BM salah satunya jika kita check imei atau no produksi atau kode lainnya di situs resmi dari produsen tersebut masih bisa terdeteksi, hp BM atau black market biasanya menggunakan bahasa asing dan tidak ada bahasa indonesianya. Sebagai contoh iphone buatan Jepang jika dipasarkan langsung melalui Black Market maka harus dilakukan unlock terlebih dahulu karena iphone buatan Jepang tidak bisa digunakan untuk mengirimkan sms seperti smartphone di Indonesia pada umumnya.

Hp Refurbish

Hp refurbish atau biasa tercantum pada kemasan luarnya sebagai tulisan Refurbished ini adalah hp asli dan resmi namun dikembalikan ke perusahaan karena berbagai alasan mulai dari kerusakan ringan seperti lecet hingga kerusakan berat seperti hardware, oleh karena itu dari pihak perusahaan menganalisa kerusakan tersebut dan mengganti sperpart yang rudak dengan yang baru kemudian dijual kembali dengan harga lebih murah, hp ini juga mendapat garansi langsung dari produsennya.

Hp refurbish ini memang hp baru yang diperbaiki oleh perusahaan langsung dan masih mendapat garansi resmi dari perusahaan, sayangnya beberapa hp refurbish ini banyak diedarkan di negara asal perusahaan tersebut, di Indonesia juga banyak terdapat hp refurbish salah satunya iphone.

Kesimpulan : 

Nofita menyimpulkan jika perbedaan antara hp replika, black market (BM) dan hp refurbish adalah hp replika merupakan hp palsu dengan harga yang sangat murah, hp bm adalah hp yang dipasarkan di Indonesia tanpa melalui pasar resmi atau melalui bea cukai dan pajak, sedangkan hp refurbish merupakan hp yang rusak sedikit kemudian dikembalikan ke produsennya dan di perbaiki secara langsung dan dijual kembali dengan garansi resmi dan harga lebih murah.

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here